Mengenal Apa Itu Stable Diffusion


Mengenal Apa Itu Stable Diffusion - Dalam era teknologi yang terus berkembang, kita sering kali disuguhi inovasi-inovasi baru yang mampu mengubah cara kita berinteraksi dengan dunia sekitar. Salah satu perkembangan paling menarik dalam bidang teknologi adalah perluasan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) yang melibatkan bidang yang dinamakan "AI Art."

AI Art adalah seni yang dibuat dengan menggunakan AI. AI art dapat menghasilkan berbagai macam karya seni, mulai dari lukisan, gambar, hingga musik. Salah satu teknik AI art yang populer adalah stable diffusion yang mewakili sebuah loncatan besar dalam dunia seni dan AI.

Apa itu Stable Diffusion?

Stable diffusion adalah teknik AI art yang menggunakan algoritma diffusion untuk menghasilkan karya seni. Algoritma diffusion adalah algoritma yang digunakan untuk membangkitkan gambar dari noise.

Pada stable diffusion, algoritma diffusion akan distabilkan dengan menggunakan metrik tertentu. Hal ini bertujuan untuk menghasilkan karya seni yang lebih realistis dan konsisten.

Kita bebas memasukkan perintah sesuai keinginan untuk menciptakan sebuah karya seni menakjubkan.
Setelah teks ditulis menjadi sebuh deskripsi, Stable Diffusion akan mulai bekerja dan mampu menghasilkan gambar berkualitas tinggi dalam hitungan detik tergantung dari spesifikasi Komputer.

Stable Diffusion mungkin belum sepopuler ChatGPT, namun melihat betapa canggih programnya, AI ini akan banyak digunakan.
Stable Diffusion erat kaitannya dengan Stable Diffusion Web UI, yang mana merupakan browser UI untuk menghasilkan gambar dari perintah teks. Kita hanya perlu membuat deskripsi yang menjelaskan gambar secara detail.

Cara kerja stable diffusion

Stable diffusion akan bekerja ketika diberikan kata-kata oleh user kemudian  akan generate gambar dari noise secara bertahap. Pada setiap tahap, algoritma diffusion akan menambahkan detail ke gambar.

Detail yang ditambahkan oleh algoritma diffusion didasarkan pada metrik tertentu. Metric ini dapat berupa kemiripan dengan gambar referensi, atau kemiripan dengan karya seni yang dihasilkan oleh manusia.

Fitur yang dimiliki Stable Diffusion

Selain fitur generate gambar (txt2img), sebenarnya Stable difuusion masih banyak memiliki fitur canggih lainnya antara lain
- Img2img
- Img2prompt
- Png info
- Upscaller
- Outpainting
- Inpainting
- Controlnet
dan masih banyak lagi.

Jika kalian tertarik memnggunakan stable diffusios, kalian dapat mencobanya melalui link ini: https://github.com/AUTOMATIC1111/stable-diffusion-webui untuk cara instalasinya sudah disediakan juga di sana.
Perlu diperhatikan juga saat ingin mencoba stable diffusion diperlukan juga spesifikasi PC yang mumpuni. 

Bagaimana jika spesifikasi PC saya tidak memenuhi syarat?
Kalian dapat mencoba stable diffusion versi online contohnya, berikut beberapa website AI Art gratis yang dapat digunakan.
- https://seaart.ai/
- https://www.midjourney.com
- https://nijijourney.com
- https://novelai.net/
- https://yodayo.com/
- https://lexica.art
- https://stablediffusionweb.com/
- https://playgroundai.com/
- https://leonardo.ai/
- https://www.bluewillow.ai/

Penutup
Sekian artikel dari saya.
Jika artikel ini bermanfaat jangan lupa bagikan ke teman-teman kalian ya, supaya teman-teman kalian juga tahu.
Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Terima Kasih.
Yusril ID
Yusril ID Halo nama saya Yusril.
Mari berteman
Facebook
Instagram