Cara Mengatasi File System Yang Tidak Bisa Diedit di Android 10+ (Root)

 
Cara mengatasi File System Yang Tidak Bisa Diedit di Android 10+ (Root) - Ketika kita berbicara tentang "file system read-only (r/o)," kita merujuk pada kondisi di mana sistem operasi memperlakukan file atau folder sebagai hanya dapat dibaca (read-only), sehingga mencegah pengguna untuk membuat perubahan atau menambahkan data baru. Pada perangkat Android 10 ke atas yang telah di-root, seringkali pengguna mengalami kendala ini ketika mereka mencoba mengedit atau memodifikasi file sistem pada perangkat mereka yang sudah di-root.


File system yang diatur sebagai read-only umumnya dilakukan untuk melindungi integritas dan stabilitas sistem. Ini mencegah penghapusan atau modifikasi tidak sah yang dapat menyebabkan kerusakan pada sistem operasi. Meskipun demikian, dalam beberapa kasus, pengguna yang memiliki akses root mungkin perlu mengatasi kendala ini agar dapat melakukan tindakan tertentu, seperti mengedit konfigurasi sistem atau menginstal modifikasi khusus.

Dalam upaya untuk mengatasi file system read-only, pengguna perlu memahami izin akses, properti file, dan kemungkinan solusi seperti menggunakan aplikasi manajemen file dengan akses root. Dengan pemahaman yang tepat, pengguna dapat mengelola file system dengan lebih fleksibel tanpa mengorbankan keamanan dan stabilitas sistem operasi Android mereka.

Dalam masalah ini terkadang user yang hpnya sudah root namun tetap tidak bisa memodifikasi file / folder karena kendala "read-only (r/o)."
Dalam artikel ini, saya akan memberikan bagaimana cara agar dapat memodifikasi file / folder yang statusnya read-only (r/o) khusus di android yang sudah root tanpa harus ganti room.

Apa saja yang diperlukan?
  • Aplikasi pengolah file yang bisa mengakses file system root. Bisa pakai Root Explorer, MT Manager, MiXplorer.
  • Magisk Delta
  • Module Magisk Overflayfs, untuk modulenya bisa didownload lewat tutorial di bawah.
Simak baik-baik cara di bawah.

Cara Mengatasi File System Yang Tidak Bisa Diedit di Android 10+ (Root)

1. Download module Magisk Overflayfs
Silakan download modulenya dengan membuka link ini https://github.com/HuskyDG/magic_overlayfs/releases


File yang didownload lingkarang merah.

2. Install modul lewat Magisk
Ketika sudah mendownload modulenya, kalian buka aplikasi Magisk kemudian pilih menu modul (pojok kanan bawah).
Susadah masuk menu modul silakan pilih "Pasang dari penyimpanan"


Jika sudah, kalian pilih modul yang sudah kalian download tadi kemudian klik "Install", tunggu sampai selesai kemudian yang terakhir klik "Mulai Ulang" (pojok kiri bawah).

3. Selamat, Kalian sudah dapat memodifikasi file system read-only.
Jika sudah mulai ulang (restart hp), kalian sudah dapat memodifikasi file system yang tadinya read-only (r/o) kini sudah menjadi read-write (r/w).

Penutup
Jika artikel ini bermanfaat jangan lupa bagikan ke teman-teman kalian ya, supaya teman-teman kalian juga tahu.

Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Terima Kasih.

Yusril ID
Yusril ID Halo nama saya Yusril.
Mari berteman
Facebook
Instagram